Essai Dengan Judul " TIRTAYASA MUDA GENERASI MUDA HARAPAN BANGSA"



Pahlawan adalah pejuang yang selalu siap siaga dalam mempertahankan persatuan, kesatuan dan kedaulatan bangsa. Manusia yang tak henti-hentinya membela, memperjuangkan, dan memerdekakan serta mengangkat derajat dan martabat suatu bangsa.
Kerasnya perjuangan para pahlawan terbukti dengan keringat, darah dan nanah yang mengaliri sebagian tubuh mereka dan tertumpah di tanah air tercinta, Indonesia. Dalam hati mereka tersirat keinginan yang besar, yaitu keinginan memerdekakan tanah air tercinta, agar generasi penerus tidak  lagi merasakan pedih yang mereka rasakan, tak lagi diperintah paksa tanpa upah, tak lagi di tahan dalam jajaran besi, tak lagi merasa kelaparan dan kehausan, tak lagi meminta-minta pembebasan dan tak lagi menumpahkan darah.
Usaha dan Kerja keras para pahlawan menunujukan bahwa mereka memiliki sifat cinta tanah air(nasionalisme)dan sifat pejuang pembela tanah air(patriotisme). Kedua sifat itu wajib kita implementasikan dalam diri kita sebagai warga Negara Indonesia.
Banyak sekali pahlawan yang tersebar di seluruh wilayah indonesia, Salah satu pahlawan yang  terkenal di provinsi kita, provinsi banten  adalah sultan ageng tirtayasa. Beliau merupakan sosok  pahlawan yang  menyatu dan  berbaur dengan masyarakat, sehingga di masa mudanya beliau mendapat gelar pangeran surya.
Beliau berjuang menentang belanda  karena VOC menerapkan perjanjian monopoli perdagangan yang merugikan kesultanan dan rakyat banten. Banyak sekali sifat yang pantas kita teladani dari beliau seperti  keberaniannya,semangatnya, dan kebijaksanaannya.
Walaupun beliau telah lama wafat, namun sejarahnya akan selalu terkenang didalam benak para generasi bangsa, khususnya generasi muda banten. Sehingga nama beliau di cantumkan dalam sebuah perguruan tinggi negeri yang ada di provinsi banten, yaitu UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA(UNTIRTA).
Kita adalah mahasiswa untirta, tirtayasa muda, yang akan selalu menanamkan kepribadian sultan ageng tirtayasa dan mengamalkannya di lingkungan kita berada. Kita akan kembali meraih kejayaan sebagaimana sultan ageng tirtayasa berjaya.
Nasionalisme dan patriotisme adalah paham yang sudah mendarah daging dalam diri tirtayasa muda. Satu nusa, satu bangsa, satu bahasa dan satu, tirtayasa muda. Kita melaksanakan tridarma perguruan tinggi serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Tirtayasa muda adalah mahasiswa yang aktif, kreatif, inspiratif, berakhlak mulia dan juga berprestasi. Dengan kriteria itulah kita akan mengharumkan nama baik daerah, kabupaten, provinsi, atau bahkan mengharumkan nama baik Indonesia di luar negeri.
Tirtayasa muda adalah generasi muda kebanggaan bangsa yang  akan membawa nama baik sultan ageng tirtayasa dan seluruh pahlawan perjuangan di mata dunia. Setiap langkah kaki tirtayasa muda adalah langkah menuju kesuksesan yang gemilang.usaha dan do’a  adalah cerminan masa depan kita, semakin kita banyak berusaha dan berdo’a, maka kita akan semakin dekat dengan kesuksesan.
Kita sadar, sedikit demi sedikit jati diri bangsa kita mulai luntur oleh nilai-nilai dan norma dari luar yang masuk ke Negeri kita tercinta ini. Mereka menginginkan negara kita hancur dari segi moral, Maka tirtayasa muda yang akan maju untuk mengakhiri krisis moral dan mengembalikan jati diri bangsa seutuhnya.
Banyak rakyat yang tidak mendapatkan kehidupan serta pendidikan yang layak seperti yang lainnya,maka tirtayasa muda akan memenuhi kursi kementerian dan mengatasi masalah-masalah yang dialami masyarakat.kemudian mensejahterakan rakyat secara keseluruhan.
Jumlah pelamar kerja tidak sebanding dengan jumlah Lapangan pekerjaan,maka tirtayasa muda yang akan memberikan bekal kemampuan kepada seluruh pelamar kerja, serta membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya.sehingga tak ada lagi pengangguran dimana-mana.
Tirtayasa muda pengemban pengamal pancasila dan Undang-Undang Dasar(UUD)1945, demi terbentuknya  suatu pemerintahan negara Republik Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Maju, bermutu, berkarakter dalam kebersamaan adalah visi kita TIRTAYASA MUDA.




Comments

Popular posts from this blog

Komplementaritas Ilmu dan Pengetahuan

Relasi pendidikan islam dalam melahirkan pemimpin masa depan

Perangkat Elektronik Sebagai Media/Sumber Belajar IPS