EMPAT POKOK PERSOALAN FILSAFAT




ARTIKEL TENTANG
EMPAT POKOK PERSOALAN FILSAFAT DALAM BIDANG PENDIDIKAN DI LINGKUNGAN KAMPUS UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA

Pertanyaan (what may I hope?), yakni mengandung arti apa yang dapat saya harapkan selama saya kuliah di universitas sultan ageng tirtayasa? Pertanyaan ini merujuk kepada apa visi universitas sultan ageng tirtayasa, mengapa merujuk kepada visi universitas sultan ageng tirtayasa?, karena visi adalah harapan yang hendak dicapai oleh orang atau segolongan orang yang terhimpun dalam sebuah lembaga ataupun organisasi ataupun perorangan( dalam hal ini adalah sebuah lembaga pendidikan)  para civitas akademik universitas sultan ageng tirtayasa setuju bahwa visi universitas sultan ageng tirtayasa adalah harapan mereka semua untuk kemajuan kampus dan seluruh elemen didalamnya.  Oleh karena itu, saya akan memaparkan visi universitas sultan ageng tirtayasa yaitu “Maju Bermutu dan Berkarakter Dalam Kebersamaan”.
1.     Maju
Mengandung pengertian terwujudnya kondisi universitas sultan ageng tirtayasa yang mengalami pertumbuhan dan peningkatan secara berkelanjutan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat daya dukung manajemen serta kerjasama kemitraan.
2.     Bermutu
Mengandung pengertian tercapainya kualitas lulusan universitas sultan ageng tirtayasa menguasai IPTEK, memiliki keunggulan dan berdaya saing menuju kemajuan bangsa, peradaban dan kesejahteraan umat manusia.
3.     Berkarakter
Mengandung arti tercapainya tenaga pendidik dan kependidikan serta lulusan universitas sultan ageng tirtayasa yang menjunjung tinggi kejujuran, amanah, berwibawa, adil, religius, dan akuntabel.
4.     Kebersamaan
Dalam mewujudkan misi universitas sultan ageng tirtayasa perlu terbangun komunikasi kerja di universitas sultan ageng tirtayasa  lebih mengutamakan semangat gotong royong, saling pengertian, saling menghargai dan saling menghormati serta sebagai sebuah tim kerja yang solid dan menjunjung tinggi solidaritas. Hal ini memungkinkan seluruh komponen universitas sultan ageng tirtayasa mulai dari level terbawah mampu bersama-sama terstimulasi,terkoordinasi, dan tersitemisasi memberikan karya demi mewujudkan pelayanan terbaik dan utama pemangku kepentingan.
Pertanyaan kedua(what can I know) yakni mengandung arti “apa yang dapat saya ketahui?”. Setelah saya memaparkan visi universits sultan ageng tirtayasa Saya dapat mengetahui bagaimana proses perkuliahan di universitas sultan ageng tirtayasa khususnya di jurusan pendidikan sosiologi. Saya tahu bagaimana birokrasi kepemimpinan di universitas sultan ageng tirtayasa, saya juga tahu bagaimana perkembangan dalam bidang pembangunan di lingkungan universitas sultan ageng tirtayasa, terutama di kampus C untirta. Saya juga bisa mengetahui segala sesuatu yang berhubungan dengan kampus untirta dengan cara terus menerus berdiskusi dengan para petinggi untirta dan juga dengan rekan-rekan mahasiswa.
Pertanyaan selanjutnya adalah( what can I do?) mengandung arti “apa yang dapat saya lakukan?”pertanyaan ini merujuk kepada apa yang bisa lakukan/kontribusi apa yang bisa saya berikan agar universitas sultan ageng tirtayasa bisa mencapai visi yang telah dicantumkan diatas. Setelah saya tahu apa harapan(visi) universitas sultan ageng tirtayasa, kemudian saya juga mengetahui bagaimana para petinggi untirta mencoba terus mengembangkan sarana dan prasarana perkuliahan yang lebih memadai untuk kepentingan para mahasiswa/mahasiswi serta untuk terus memajukan universitas sultan ageng tirtayasa menjadi kampus favourit sesuai dengan visi yang telah dicantumkan.
Pertanyaan ini merujuk kepada misi universitas sultan ageng tirtayasa. Misi adalah segala sesuatu yang dilakukan pada saat ini agar apa yang menjadi harapan(visi) dapat/bisa tercapai.

Misi universitas sultan ageng tirtayasa adalah :
1.     menyelenggarakan pendidikan tinggi dengan kualitas terbailk dan relevan dengan kebutuhan masyarakat masa kini dan mendatang.
2.     Meningkatkan kualitas dosen dan tenaga kependidikan lainnya dalam melaksanakan berbagai program pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuia dengan kebutuhan stakeholders.
3.     Membangun dan mengembangkan jaringan kerja (networking) untuk mendorong percepatan peningkatan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat dan kerjasama.
4.     Membangun dan mengembangkan sistem manajemen mutu menuju efisiensi dan profesionalitas.
5.     Mengembangkan sistem teknologi informasi (STI) yang dapat memacu terwujudnya perguruan tinggi yang unggul, mandiri, kreatif, inovatif, dan kompetitif.
6.     Meningkatkan tanggung jawab sosial universitas sultan ageng tirtayasa bersama pemerintah daerah membawa modernisasi dan memelihara nilai luhur (Banten).
Sebagai mahasiswa yang bisa saya lakukan adalah terus mengembangkan dan mempertambah keilmuan dan pengetahuan saya dan kemudian saya juga ikut membantu perkuliahan terselenggara dengan baik walaupun dari segi fasilitas kurang memadai. Mungkin selain itu saya juga bisa ikut mengontrol dan mengkritisi kebijakan-kebijakan yang di cetuskan oleh para petinggi untirta agar kebijakan-kebijakan tersebut tidak melenceng dari visi dan misi universitas sultan ageng tirtayasa.
Pertanyaan terakhir adalah apa/siapakah manusia itu( what is man?) pertanyaan ini mengandung makna siapakah subjek-subjek yang menjadi aktor agar visi dan misi yang tercantum diawal pembahasan tadi dapat tercapai. Menurut saya semua elemen kampus memiliki peran penting bagi terwujudnya visi yang menjadi harapan yang hendak dicapai. Rektor, wakil rektor, dekan, para staf,  dosen, mahasiswa/mahasiwi, dan lain sebagainya. Mereka semua berperan penting dalam mewujudkan visi dan misi universitas sultan ageng tirtayasa. Merekalah yang menjadi subjek( pelaku) yang akan memajukan universitas sultan ageng tirtayasa  menjadi kampus yang “MAJU BERMUTU DAN BERKARAKTER DALAM KEBERSAMAAN”. 

*pemikiran dan pengetahuan penulis

Comments

Popular posts from this blog

Komplementaritas Ilmu dan Pengetahuan

Relasi pendidikan islam dalam melahirkan pemimpin masa depan

Perangkat Elektronik Sebagai Media/Sumber Belajar IPS